Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono (ITSK) kembali merayakan momen spesial, yaitu Dies Natalis ke-2, dengan menggelar serangkaian acara menarik. Salah satu acara yang menjadi sorotan adalah Cooking Contest dengan tema “Pangan Fungsional Ubi Ungu.” Acara tersebut berlangsung pada Kamis, 20 Juli 2023, di Laboratorium Kuliner dan Dietetika ITSK Sugeng Hartono.

Cooking Contest Dies Natalis Ke-2 ITSK Sugeng Hartono

Lomba memasak ini diikuti oleh siswa-siswa SMA/SMK Solo Raya, yang menampilkan kreasi pangan dessert berbahan dasar ubi ungu yang sangat menarik. Peserta tampil dengan berbagai sajian yang menggugah selera, seperti Sweet Purple Potato Mud Cake, Muffin Ubi Ungu, Onde-onde Ubi Ungu, Puding Ubi Ungu, Sweet Purple Potato Pie, Bola Ubi Ungu, Gluten-Free Purple Sweet Potato Brownies with Strawberry Sauce and Ube Fla, Sweet Potato Dango with Matcha and Cheese Sauce, the Mysterious Bird Nest, dan Kenyo Mesem.

Cooking Contest Dies Natalis Ke-2 ITSK Sugeng Hartono

Para peserta dinilai berdasarkan 5 kriteria, yaitu tampilan dan penyajian makanan, kreativitas dan kesesuaian tema, rasa, proses pemasakan, dan kebersihan. Setelah melalui penilaian yang ketat, juara 1 dari Cooking Contest ini diraih oleh Alikha dan Abdurrahman dengan kreasi “Kenyo Mesem”, juara 2 ditempati oleh Attania dan Ekki dengan kreasi “Sweet Purple Potato Mud Cake“, dan juara 3 diraih oleh Nandine dan Zairoh dengan kreasi “Muffin Ubi Ungu”.

Selamat kepada para pemenang! Harapan kami, semoga kalian bisa menjadi advocates kuliner yang tidak hanya lezat dan menarik, tetapi juga memiliki gizi seimbang yang baik bagi masyarakat Indonesia. Melalui kompetisi seperti ini, ITSK berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan potensi bahan pangan lokal, seperti ubi ungu, menjadi makanan yang bernilai fungsional dan menguntungkan kesehatan.

Rangkaian acara Dies Natalis ITSK Ke-2 ini menjadi momen berharga dalam menguatkan rasa kebersamaan dan semangat di antara mahasiswa dan siswa SMA/SMK Solo Raya dalam berkarya dan berprestasi. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk menginspirasi lebih banyak generasi muda dalam dunia kuliner yang berkualitas dan sehat.

(Red/YR)

×