Senin, 31 Juli 2023, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono (ITSK Sugeng Hartono) bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan acara penting. Bertempat di SMK Kanisius Bharata Karanganyar, acara tersebut dihadiri oleh pelaku produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam asosiasi UMKM di Wilayah Kevikepan Surakarta.

Acara ini menampilkan perwakilan dari Kemenag Kabupaten Karanganyar, yaitu Bapak Muhammad Rusdiyanto, S.E., S.Pd.I., M.A.P. (Kasubag TU Kemenag Kab. Karanganyar) dan Bapak Ius Hadi Saputro, S.T. (Pendamping PPH Kemenag Kab. Karanganyar). Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi tentang pentingnya sertifikasi halal untuk produk UMKM.

Sertifikasi halal menjadi hal krusial bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Dengan memiliki sertifikat halal, produk UMKM menjadi lebih dipercaya dan diakui kehalalannya, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk masyarakat Muslim yang sangat memperhatikan aspek halal dalam konsumsi produk.

Selain itu, sertifikasi halal juga membantu meningkatkan branding produk UMKM. Dalam era di mana kesadaran akan pentingnya makanan dan produk halal semakin meningkat, memiliki label halal dapat menjadi nilai tambah yang signifikan dalam persaingan pasar.

Tidak hanya itu, sertifikasi halal juga membuka peluang akses ke pasar ekspor, karena beberapa negara memiliki persyaratan ketat terkait produk halal. Dengan demikian, pelaku UMKM memiliki peluang lebih besar untuk mengenalkan produk mereka di pasar internasional.

Melalui acara ini, para pelaku UMKM mendapatkan informasi dan pendampingan untuk memahami proses dan persyaratan sertifikasi halal. Diharapkan, kegiatan ini akan mendorong pengembangan bisnis UMKM, meningkatkan branding produk, dan berkontribusi pada peningkatan penjualan yang berkelanjutan. Sehingga, UMKM di wilayah ini dapat semakin maju dan bersaing di tingkat lokal maupun nasional.

(RED/YR)

×