Sosialisasi SPP-PIRT UMKM: Kolaborasi ITSK Sugeng Hartono dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar!

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu diberikan sosialisasi mengenai Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) karena sertifikat ini memberikan beberapa manfaat dan pentingnya bagi produksi makanan dalam skala rumah tangga. Oleh karena itu, pada hari Senin, 31 Juli 2023, bertempat di SMK Kanisius Bharata Karanganyar, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan Sugeng Hartono bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar mengadakan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya SPP-PIRT bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam asosiasi UMKM di Wilayah Kevikepan Surakarta.

Kegiatan kerjasama sosiaIisasi PIRT ini dipandu langsung oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Karanganyar yaitu Bapak Sutopo Edy A., S.Si., Apt., M.M., Bapak Aji Nur Cahyo, S.Tr.Kes., dan Bapak Melvin Gustheo, A.Md. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Kadinkes Karanganyar Ibu Purwati, S.K.M., M.Kes. Di acara yang diprakarsai oleh ITSK Sugeng Hartono ini, dibahas alasan-alasan pentingnya SPP-IRT yang meliputi:

1)    Keamanan Konsumen: SPP-IRT adalah jaminan tertulis dari pemerintah setempat (bupati atau wali kota) bahwa hasil produksi industri rumah tangga (IRT) telah memenuhi syarat dan standar keamanan yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Sertifikat ini menunjukkan bahwa makanan yang diproduksi aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan sosialisasi, para pelaku UMKM akan lebih memahami pentingnya memastikan kualitas dan keamanan produk yang mereka hasilkan.

2)    Kepatuhan Regulasi: Melalui sosialisasi, para pelaku UMKM akan diinformasikan tentang peraturan dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SPP-IRT. Ini akan membantu mereka untuk lebih patuh terhadap peraturan yang berlaku, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan pangan yang ditetapkan.

3)    Daya Saing Produk: Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, memiliki sertifikat keamanan pangan seperti SPP-IRT dapat menjadi keunggulan kompetitif bagi para pelaku UMKM. Konsumen cenderung lebih percaya dan merasa lebih aman untuk mengkonsumsi produk yang memiliki sertifikat keamanan pangan dari pemerintah.

4)    Akses ke Pasar yang Lebih Luas: Beberapa pasar atau toko mungkin memiliki persyaratan khusus terkait keamanan pangan untuk produk yang akan mereka jual. Dengan memiliki SPP-IRT, para pelaku UMKM dapat memperluas akses ke pasar yang lebih luas, termasuk pasar modern dan potensial konsumen yang lebih besar.

5)    Kesadaran Konsumen: Sosialisasi SPP-IRT juga membantu meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya membeli produk makanan yang telah memiliki sertifikat keamanan pangan. Dengan begitu, masyarakat menjadi lebih selektif dalam memilih produk dan mendukung pengembangan UMKM yang berkomitmen pada kualitas dan keamanan produk.

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk UMKM, serta melindungi konsumen dari potensi bahaya kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang tidak aman, sosialisasi SPP-IRT menjadi salah satu upaya penting dalam mendukung pengembangan sektor UMKM dan membangun ekosistem bisnis yang lebih berkelanjutan.

(RED/YR)

Mau kuliah bingung biaya tinggi?
STUDENT LOAN solusinya !!
Cukup bayar 195ribu/bulan selama 4 tahun !

X
×