SMAN 3 Sragen, 25 Januari 2023 – Dosen-dosen S1 Informatika ITSK Sugeng Hartono mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Menyiapkan Generasi Z dalam Menghadapi Era Metaverse” di SMAN 3 Sragen pada hari Rabu, 25 Januari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mempersiapkan generasi Z dalam menghadapi era metaverse yang akan semakin mendominasi dunia digital.

Metaverse sendiri adalah sebuah dunia virtual yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas secara virtual, mulai dari permainan hingga pertemuan bisnis. Metaverse memiliki potensi yang besar untuk mengubah cara kita berinteraksi dan bekerja di dunia digital.

Dalam kegiatan ini, dosen-dosen program studi Informatika ITSK Sugeng Hartono memperkenalkan konsep metaverse, digital skills, dan soft skills yang diperlukan untuk menghadapi era tersebut. Mereka menjelaskan bahwa digital skills seperti coding, data analysis, cyber security, data security, dan digital marketing akan menjadi sangat penting di era metaverse. Selain itu, soft skills seperti teamwork, leadership, dan communication skills juga akan menjadi kunci sukses di era metaverse.

Selain mengenalkan digital skills dan soft skills, dosen-dosen ITSK Sugeng Hartono juga memperkenalkan beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di era metaverse, seperti game designer, virtual event planner, virtual reality content creator, dan lain-lain. Mereka berharap dengan mengetahui pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan di era metaverse, generasi Z akan dapat mempersiapkan diri dan memilih karir yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 200 siswa SMAN 3 Sragen dan dianggap sangat bermanfaat oleh para siswa. Mereka mengakui bahwa pengetahuan mengenai metaverse dan digital skills akan sangat berguna di masa depan, terutama dalam memilih jurusan kuliah yang tepat, mencari pekerjaan dan menghadapi persaingan global.

Kepala SMAN 3 Sragen, Bapak Sukarno, S.Pd., M.Si, mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat ini. Menurut beliau, kegiatan ini sangat relevan dengan perkembangan dunia digital saat ini dan sangat membantu siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang semakin digital.

Dosen-dosen ITSK Sugeng Hartono berharap kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi generasi Z dan masyarakat Sragen pada umumnya. Mereka juga berencana untuk mengadakan kegiatan serupa di sekolah-sekolah lain di daerah Sragen agar lebih banyak siswa yang dapat memperoleh manfaat dari kegiatan ini.

Red/YR

×